Cara mengatur keuangan pedagang

Baiklah kali ini kita akan belajar Cara mengatur keuangan seorang pedagang, administrasi itu sangat penting bahkan menurut hemat saya semua yang terjadi dari semua aktifitas dagang anda catat pada kertas/buku yang memang kusus untuk perdagangan. Karena kita tidak akan ingat terus apa tidak semua aktifitas dagang kita sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan semisal uang yang hilang atau kurang saat anda jumlah maka kita akan tahu dimana letak sebab yang terjadi karena semua aktifitas dagang anda sudah anda rekam melalui tulisan anda.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah masalah administrasi catat-mencatat keuangan anda baik dari segi uang keluar maupun uang masuk dan selebihnya uang-uang yang digunakan untuk kepentingan uang tak terduga kalau bisa juga tercatat dalam buku catatan anda.

Adapun tujuannya adalah agar keuangan anda bisa teratur dan terorganisir tidak berantakan dan campur aduk dari uang modal dan uang dari laba serta kebutuhan harian anda. Kalau bisa semua bisa tercatat dengan baik dan teratur agar kita mudah mengetahui seberapa besar sebenarnya penghasilan bersih anda untuk perharinya hingga ahirnya nanti juga bisa melihat hasil di ahir bulannya.

Jadi salah satu tips atau caranya agar keuangam anda bisabteratur adalah sebagai berikut:

Tips mengatur keuangan


  1. Catat modal awal
  2. Catat Pengeluaran
  3. Catat Pemasukan/laba

Sekarang kita akan kaji lebih detil dari ketiga point diatas yaitu :

1. Catat modal awal

Sebelum anda membelanjakan uang dari modal awal maka sebaiknya anda catat terlebih dahulu modal awal tersebut, dan jangan sampai modal awal diganggu artinya modal awal tidak boleh digunakan untuk keperluan yang lain kecuali untuk menambah stock dagangan anda.

2. Catat Pengeluaran

Semua aktifitas dagang dari jenis pengeluaran jangan sampai anda lupa mencatatnya karena kita nanti akan tahu dimana uang kita berputar, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan maka kita punya dasar setidaknya untuk meyakinkan anda. Sebagai contoh anda membeli tali untuk keperluan dagang anda maka silahkan anda catat harga tali tersebut dalam menu pengeluaran.

3. Catat pemasukan/laba

Penghasilan /laba bersih juga kalau bisa anda catat karena dari hasil catatan anda itulah anda bisa melihat hasil bersih secara sederhana bisa anda hitung dengan cara Hasil kotor di ambil modal awal = laba bersih.

Berarti dalam buku anda nanti ada beberapa menu yaitu nomor, modal awal, debit /pemasukan, kredit/pengeluaran dan saldo. Dan silahkan anda buat se rajin mungkin agar anda semangat untuk mencatat, cara ini sudah saya lakukan walaupun belum sempurna seperti yang saya harapkan, namun tetap terus berusaha untuk memperbaikinya.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka insyaallah keuangan kita kan menjadi teratur dan terkontrol. Jadi mulai saat ini juga silahkan anda cari buku untuk kusus pencatatan pengeluaran dan pemasukan dagang anda Dan bersiaplah menjadi pedagang yang punya administrasi yang baik. Semoga bermanfaat selamat meraih uang halal yang barokah. Happy earning.!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengatur keuangan pedagang"

Post a Comment

Ada pertanyaan? silahkan di kolom komentar